Posted by: achvan | January 7, 2010

Mengenal Linux, Apa itu Linux ?

Yuk, pakai Linux !

Linux, mungkin sudah sering kita mendengar kata ini. Tapi apa itu Linux ? Bagaimana itu Linux ? Apakah Linux itu program atau software ? disana-sini masih banyak pertanyaan serupa yang muncul. Alhamdulillah, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi melalui internet, artikel dan tulisan-tulisan tentang linux bisa didapatkan dengan mudah. Salah satunya adalah tulisan seorang newbie pada blog ini.

Baik, Apa itu Linux ?

Linux adalah Sistem Operasi. Jika kenal atau pernah menggunakan Windows. Maka Linux  adalah Sistem Operasi seperti Windows. Tanpa sistem operasi, maka komputer apapun yang baru kita beli tidak akan bisa digunakan. Linux adalah salah satu jenis sistem operasi bertipe Unix.

Linux juga biasanya disebut Unix-like, Unix-style atau Unix-clone karena sistemnya dirancang menyerupai Unix.  Apapula itu Unix ? Unix adalah sistem operasi yang didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. Dibuat oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an dengan tujuan awal untuk keperluan jaringan komputer (Computer Networking).

Sistem Operasi Linux diberi nama sesuai dengan nama kernel-nya yakni Kernel Linux. Kernel-nya sendiri diberi nama demikian, karena pembuatnya bernama Linus Torvalds, yang kala itu (1991) masih bestatus mahasiswa di salah Universitas di Finlandia.

Bagaimana itu Linux ?

Linux bersifat OpenSource artinya source code-nya terbuka untuk siapa saja untuk dimiliki, dikembangkan, di modifikasi dan diditribusikan kembali tanpa harus membayar lisensi kepada pembuatnya. Istilah kerennya bebas atau free ! syaratnya hanya satu, biarkan orang lain juga melihat source code-nya. Perlu diingat, bahwa free bukan berarti gratis, tapi free berarti bebas.

Linux memiliki banyak jenis distribusi, atau yang sering disebut Distro Linux. Jika di Windows kita kenal Windows XP, Windows Vista atau Windows 7 maka di Linux  dikenal banyak distro Linux seperti Redhat, Opensuse, Debian, Ubuntu, Slackware, Gentoo, Fedora, Mandriva, Linuxmint, dan masih banyak lagi.

Untuk apa itu Linux ?

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Linux itu adalah sistem Operasi. Maka kehadiran Linux ditujukan untuk diinstall di komputer. Tujuannya secara umum ada dua, untuk keperluan sebagai Linux Server atau Linux Desktop. Jika digunakan sebagai Linux Server maka bisa digunakan sebagai Web Server, Mail Server, Proxy Server dan lain-lain. Jika digunakan sebagai Linux Desktop maka bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari misalnya mengetik tulisan, untuk belajar, untuk desain, untuk edit audio/video dan lain-lain.

Apa kelebihan Linux ?

Linux bersifat free (opensource), bebas virus (virus susah untuk berkembang di linux), stabil (sangat jarang Hang, atau terkena Crash), memiliki banyak distro, handal dan powerfull baik untuk keperluan server maupun desktop.

Demikian sekilas tulisan mengenai Linux, mohon dikoreksi jika ada yang keliru…

Advertisements

Responses

  1. […] http://www.ahmad.web.id/ […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: