Posted by: achvan | December 17, 2010

IDwebhost.com, Jadilah Trend Hosting Indonesia

IDWebhost.com Best Service at Affordable Cost

Jika tidak salah, saya mengenal IDwebhost.com sejak tahun 2009 kemarin. Ketika itu saya lagi panas-panasnya belajar ngeblog dan tak sengaja menemukan situs idbloghosting.com yang menawarkan paket-paket khusus untuk ngeblog. Sayang saya masih pelajar, dan belum kepikiran untuk menyewa paid hosting (sampai sekarang pun masih demen gratisan..hehehehe). Pas kemarin-kemarin pimpinan dikantor minta dibuatkan website untuk organisasinya (kkikm.com), akhirnya saya mempercayakan hosting dan domainnya di IDwebhost.

Siapa IDwebhost.com ? IDwebhost, merupakan perusahaan yang berfokus pada jasa pelayanan hosting di Indonesia. IDwebhost merupakan salah satu cabang usaha dari CV. JogjaCamp Software Development. IDwebhost hadir ditengah masyarakat Indonesia sebagai webhosting terbaik dengan produk-produk yang murah, pelayanan yang mantap dan berkualitas. Jika ingin mengenal lebih dekat tentang idwebhost, silahkan mengunjungi website resminya di http://idwebhost.com.

Jika dilihat dari layananan beberapa penyedia webhosting di Indonesia, hampir semuanya memiliki layanan online support 24 jam selama 7 hari non stop baik melalui email, chat, telpon dan lain-lain. Promosi webhosting dan domain murah pun menjadi trend disetiap header website penyedia jasa hosting. Tak lupa, spesifikasi server merupakan hal wajib dipajang. Promo dan tebaran hadiah pun menjadi media penarik bagi calon costumer.

Pertanyaannya kemudian adalah, apa yang beda dengan IDwebhost ?

Sebagai pengamat yang amatiran, yang beda dari IDwebhost menurut saya adalah trend IDwebhost sebagai penyedia webhosting yang dekat, responsif dan ramah kepada pelanggan. Walaupun saya adalah pelanggan baru IDwebhost, namun saya merasakan pelayanan IDwebhost selama ini memang sejalan dengan review dari teman-teman yang sudah lama hosting di IDwebhost. Rata-rata mereka menyatakan bahwa dibandingkan dengan perusahaan webhosting lain pelayanan IDwebhost memang mantap ! layanan support-nya benar-benar 24 jam termasuk hari libur, CS nya ramah dan sangat menghargai pelanggan, proses transaksinya mudah, pada hari libur dan hari-hari besar masalah pembayaran dan pendaftaran tidak ada masalah. Ok, dilain pihak memang ada sebagian klien IDwebhost yang mengeluhkan layanan IDwebhost dan tak jarang IDwebhost juga mendapatkan kritikan mengenai pelayanan mereka. Itu  adalah sesuatu yang wajar disetiap pelayanan jasa hosting, lagipula kritakan itu merupakan sesuatu yang “lezat” bagi IDwebhost (lihat blog IDwebhost “Lezatnya Kritik dalam Bisnis“).

Saat ini pelanggan IDwebhost sudah cukup banyak, berdasarkan perhitungan kasar yang saya buat melihat list klien yang ada, kisaran klien IDwebhost sudah mencapai 22 ribu lebih (termasuk domain dan hosting), sebuah angka yang cukup banyak. Tentunya angka sebanyak itu merupakan salah satu cermin dari pelayanan dan kualitas yang diberikan oleh IDwebhost sebagai salah satu webhosting terbaik di Indonesia.

Tak terasa menjelang Januari 2011 nanti, IDwebhost akan berusia 7 tahun. IDwebhost patut berbangga akan hal itu karena ia mampu untuk tetap  eksis  menjadi webhosting tangguh ditengah-tengah persaingan yang sangat ketat diantara para penyedia jasa hosting. Inovasi dan kreatifitas IDwebhost harus terus dikembangkan  secara terus menerus agar bisa maju dan menjadi jasa hosting nomor satu di Indonesia. Sebagai salah satu bagian dari masyarakat IT Indonesia, saya pun memiliki apresiasi yang tinggi kepada IDwebhost agar kedepannya bisa lebih baik dalam segi pelayanan, harga, dan kualitas.

Saya menyadari bahwa saya sebenarnya tidak ahli sama sekali mengenai layanan hosting dan semacamnya. Saya hanya seorang pengamat dan beberapa hal inilah yang sempat saya berikan sebagai unek-unek untuk IDwebhost :

  • Mengenai Server Hosting, ada seorang pengunjung yang bertanya di blog Idwebhost tentang apakah IDwebhost sudah memiliki server hosting di Singapura. Ternyata jawabannya belum ada, padahal memiliki Server Hosting di Singapura akan membuat akses ke website klien akan lebih cepat di akses baik dari Indonesia maupun dari luar. Hal ini tidak akan kita dapatkan jika hanya menyediakan server hosting hanya dari USA atau dari IIX. Selain itu lalu lintas data ke email-email yahoo atau google pun akan lebih cepat karena beberapa server mereka sudah ditempatkan di singapura. Jadi, moga-moga kedepannya IDwebhost bisa memiliki server hosting juga di Singapura.
  • Dari segi tampilan Website, situs IDwebhost sudah cukup bagus namun sepertinya masih belum lengkap. Melihat menu-menu yang ada, saya lihat di homepage-nya belum ada menu Sitemap yang bertujuan untuk memudahkan pengunjung melihat isi/arsip website dan  yang paling penting menurut saya adalah menu Terms of Service IDwebhost, kok saya cari-cari di halaman utama tidak ketemu, padahal kan harus kelihatan jelas mengenai menu yang satu ini, agar calon pelanggan bisa membaca perjanjian atau syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh IDwebhost sebelum order. Lama saya cari, ternyata ada di dalam menu “About Us“, saran saya kalau bisa khusus untuk menu ini, agar dilink di halaman utama biar lebih cepat ditemukan.
  • Mendapatkan member yang lebih luas (walaupun bukan pelanggan) adalah salah satu jalan untuk membuat IDwebhost semakin besar. Namun sayangnya IDwebhost belum menyediakan Client Portal khusus untuk member IDwebhost . Yang saya maksudkan sebagai  member disini bukan hanya member yang menjadi klien/waralaba dari IDwebhost namun juga mencakup member yang hanya menjadi reseller IDwebhost. Nantinya di portal tersebut setiap orang yang hanya ingin menjadi reseller bisa registrasi menjadi member tanpa harus order saat itu juga.
  • Saya amati Forum IDwebhost di talk.idwebhost.com kok masih sepi yah, padahal pelanggan IDwebhost sudah mencapai puluhan ribu. Ada kemungkinan forum IDwebhost kurang dikenal keberadaannya sehingga jarang di kunjungi. Untuk itu, kedepannya Forum ini lebih disebarluaskan, jika perlu dijadikan sebagai salah satu menu utama di homepage sehingga jika ada pertanyaan atau keluhan, klien IDwebhost langsung bertanya di Forum dan tidak menulis keluh kesahnya di blog dan di forum lain. Dan kalau bisa, Admin Forum juga harus lebih aktif menanggapi setiap thread yang berhubungan dengan layanan IDwebhost  agar tidak mengambang jika hanya dijelaskan oleh user lain.
  • Berhubung IDwebhost merupakan bagian dari Jogjacamp, ada baiknya di situs IDwebhost juga disediakan beberapa portofolio web-design dari jogjacamp untuk menarik minat pengunjung untuk hosting. Kalau perlu adakan promo hosting berhadiah design web gratis dari jogjacamp (mohon maaf kalau hal seperti ini sudah berjalan).
  • Sepertinya IDwebhost belum memiliki account “Verified Hoster” di diskusiwebhosting.com, padahal IDwebhost sudah cukup lama berkecimpung didunia hosting. Jika berkenan, ada baiknya IDwebhost turut menjadi member disana, sehingga jika sewaktu-waktu ada netter yang bertanya tentang IDwebhost atau ada klien yang mengeluh tentang IDwebhost bisa langsung diberi penjelasan. Memang bapak Hanafi (marketing IDwebhost) sudah aktif disana dan sudah beberapa kali memberi respon, namun beliau kadang jarang dikenal dari IDwebhost jika tidak melihat postingan dari beliau. Menjadi member Verified Hoster pasti akan menambah kepercayaan netter Indonesia kepada IDwebhost, walaupun tidak menjadi member verified,  IDwebhost sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat IT Indonesia.
  • Untuk beberapa Priode tertentu, mungkin IDwebhost bisa mengadakan temu pelanggan, utamanya kepada pelanggan Corporate atau pelanggan idPreMedium keatas. Momentnya bisa dilakukan pada saat IDwebhost berulang tahun, atau ketika launching paket baru. Kesan bertemu langsung dengan pelanggan tentu berbeda dibandingkan ketika berinteraksi secara Online.
  • Untuk mengenal dan mengetahui prilaku pasar atau tingkat kepuasan pelanggan, IDwebhost sepertinya juga perlu mengadakan survey,  baik kepada pelanggan IDwebhost atau survey secara umum.  Survey-nya tentu saja secara online dan bisa dalam bentuk “Survey Berhadiah”…hehehhee
  • Untuk Pelanggan Corporate IDwebhost, mereka bisa dirangkul menjadi mitra (kerjasama dalam bidang tertentu) sehingga hubungan yang ada bukan sekedar pelayan dan pelanggan, namun telah menjadi mitra bisnis. Saya kurang tahu bagaimana bentuk kerjasamanya….mungkin nanti bisa dijajaki oleh IDwebhost.
  • Kepada pelanggan-pelanggan lama IDwebhost, hendaknya tetap diberikan perhatian. Saya tidak mengatakan bahwa selama ini IDwebhost tidak memperhatikan pelanggan-pelanggan lamanya. Hanya saja, terkadang ketika  sebuah industri jasa disibukkan untuk mencari pelanggan-pelanggan baru, maka promo dan diskon biasanya lebih banyak ditujukan kepada pelanggan-pelanggan baru, sementara kepada pelanggan-pelanggan lama, keadaannya masih begitu-begitu saja. Mungkin kepada pelanggan-pelanggan lama yang telah berlangganan sekian tahun bisa diberikan reward seperti tambahan quota hosting, free domain, hadiah langsung atau diadakan program semacam “Best of the Best Costumer”.
  • Unek-unek terakhir dari saya, semoga layanan IDwebhost kedepannya lebih ditingkatkan. Galang komunitas-komunitas blogger lebih luas,  forum dan milisnya lebih diperhatikan, layanan pengaduan ke management harus  terus ada dan jangan dihilangkan, dan jika berkenan nantinya bisa disediakan telpon bebas pulsa …hehehehe.

Sekian unek-unek dari saya. Harapan saya kedepannya untuk IDwebhost cukup simple,  Jadilah Trend Hosting untuk Indonesia !

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Checker

Advertisements

Responses

  1. saya juga merekomendasikan IDWEBHOST sebagai hosting pilihan di salah satu post saya. Ini postingnya: Investasikan Satu Blog untuk Hari Nanti | PART 2

    Salam, Danu Akbar.

  2. hehehe….
    saya juga barusan hosting web di idwebhost.com 🙂
    kebetulan kemarin bos dikantor minta dibuatkan website…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: