Posted by: achvan | March 7, 2013

Tips Mencantumkan Sumber Tulisan/Ilustrasi Yang Baik di Media Online

Mungkin sudah sering kejadian ketika kita menulis di media Online baik melalui Blog Pribadi maupun di situs Citizen Jurnalism seperti kompasiana.com, kita membutuhkan tulisan orang lain untuk di kutip dalam rangka melengkapi tulisan yang kita miliki. Sah-sah saja melakukan hal seperti itu asalkan tidak ada larangan oleh pemilik asli dan tetap mencantumkan sumber tulisan. Namun pada kenyataannya, sudah tahukah kita cara mencantumkan sumber tulisan yang baik dan benar di media Online ?

Melalui tulisan ini, saya hanya membahas pencantuman sumber dari media online (blog, website, atau portal berita) ke media online lainnya. Saya tidak akan menjelaskan tata cara penulisan sumber yang baik dan benar dari aturan penulisan yang seharusnya, atau bagaimana tata cara menulis kutipan yang baik dan benar karena saya bukanlah pakar dalam bidang tersebut. Disini saya hanya sedikit menjelaskan tentang bagaimana seharusnya kita mencantumkan sumber tulisan/ilustrasi yang kita kutip/copy dari blog/website lain.

Tips Mencantumkan Sumber Tulisan

Ketika anda mengcopy tulisan baik sebagian maupun keseluruhan, anda bisa mencantumkan sumber tulisan tersebut kedalam beberapa cara :

    1. Mencantumkan Sumber Link secara lengkap baik disertai hyperlink (link/url ke tulisan asli) maupun tidak. Misalnya Anda menyalin Artikel “Ditemukan, Satelit Baru Pluto”, maka pada bagian akhir tulisan anda bisa menuliskan ” Sumber : http://sains.kompas.com/read/2011/07/22/2225335/Ditemukan.Satelit.Baru.Pluto”
    1. Mencantumkan  Sub Domain dari sumber tulisan yang disalin disertai Hyperlink (sangat disarankan). Pada contoh diatas, anda bisa menuliskan sumber tulisan sebagai berikut “http://sains.kompas.com” kemudian diberikan hyperlink ke sumber tulisan secara lengkap. Penyebutkan subdomain ini sangat penting apalagi jika anda menyalin tulisan dari blog seseorang misalnya dari wordpress.com atau blogspot.com, karena jika hanya “wordpress atau hanya blogspot-nya” saja yang dicantumkan, tidak akan ketahuan, blogger mana yang punya tulisan. Lain halnya jika anda menuliskan “sumber : kompasiana.wordpress.com atau kompasiana.blogspot.com”, akan terlihat jelas bahwa tulisan tersebut adalah milik kompasiana yang di wordpress/blogspot.
    1. Mencantumkan Top Level Domain (domain utama) dari sebuah sumber tulisan disertai hyperlink. Hal ini bisa dilakukan jika memang tulisan tersebut diterbitkan langsung oleh pemilik/admin/author website tersebut. Saya mengambil contoh dari tulisan saya “Mengenal Linux, Apa itu Linux ?”. Dalam pencatuman sumber, tidak masalah jika cukup disebut “sumber : ahmad.web.id”. Namun baiknya disertai dengan hyperlink (link ke tulisan) seperti “”sumber : ahmad.web.id” agar pembaca bisa mengunjungi langsung sumber tulisan jika ada yang kesalahan dan perlu di koreksi.
  1. Mencantumkan Judul Tulisan dengan Hyperlink. Jika anda kurang suka mencantumkan alamat website dalam tulisan anda, maka menyebutkan sumber tulisan bisa dilakukan cukup dengan menyebut judul tulisan disertai HyperLink, misalnya anda menyalin tulisan saya yang berjudul “Tips Mengecek Koneksi Internet yang Lambat”. Ya sudah, anda bisa cukup menyebutkan diakhir tulisan “Sumber : Tips Mengecek Koneksi Internet yang Lambat” (tentunya disertai Hyperlink).

Tips Mencantumkan Sumber Ilustrasi/Image

Saya melihat masih banyak kompasianer yang menyebutkan “google.com” sebagai sumber ilustrasi/image, tentu saja penyebutan ini keliru karena sebenarnya google hanya “penemu” gambar  tersebut (kecuali image tersebut memang di upload ke google.com). Google hanya Search Engine yang dipakai jasanya untuk menemukan image-image tersebut pada tempat hosting-nya masing-masing. Berikut ini beberapa tips dalam mencantumkan sumber ilustrasi/image :

    1. Mencantumkan sumber asli Image tersebut. Contoh pada “http://images.google.com/”,  saya mencari dengan kata kunci “logo kompasiana”. Gambar pertama yang saya temukan ketika mengklik logo kompasiana adalah ada link berikut “klik disini“. Jika diperhatikan, “Website for this image” adalah “media.kompasiana.com”. Jika frame-nya kita tutup ( klik tanda “X” pada image atau klik “Website for this Image)) maka kita akan masuk ke tulisan Mas Asep Hamdan yaitu “Cara Menutup Akun di Kompasiana“. Disitu ada logo kompasiana yang jika saya lihat sumber-nya (klik kanan pada gambar, view image/copy link image dan paste, sumber aslinya adalah stat.kompasiana.com). Dengan demikian, jika ingin disebut sumber-nya bisa ditulis “sumber : kompasiana.com” karena memang file tersebut di upload ke kompasiana.com
    1. Mencantumkan alamat Blog/Website dimana gambar tersebut berada. Contoh saya mencari gambar “langit” pada “images.google.com”. Gambar pertama yang saya temukan adalah “gambar ini“. Karena Image tersebut di hosting di blogspot maka tidak mungkin jika hanya disebut “sumber : blogspot.com”. Yang benar adalah “sumber : margalubay.blogspot.com” (bisa disertai hyperlink), karena image tersebut berada dalam account blogger tersebut dan diupload oleh yang bersangkutan (masalah dia yang punya image asli atau bukan, itu adalah masalah yang lain).
    1. Mencantumkan Alamat Image Secara Lengkap. Contoh, ketika saya mencari image “pantai losari” di images.google.com dan menemukan “gambar ini”. Bagaimana menyebut sumbernya ? Jika menghilangkan frame dari google maka kita akan masuk ke page Flickr.com dimana image tersebut tersimpan. Maka “sumber : http://www.flickr.com/photos/awmasry/2439273407/”.
  1. Mencantumkan Nama Pemilik image dan Tempat Hostingnya. Pada Contoh diatas, bisa dilihat bahwa yang mengupload image “pantai losari” adalah user “campotta“. Maka sebut saja bahwa “Sumber : Camppota @ Flick.com” (disertai hyperlink). Cara ini bisa anda lakukan bila menemukan gambar yang di upload ke photobucket.com, imageshack.us, tinypic.com dan lain-lain.

Oh ya, mengenai penyebutan sumber, kata-kata-nya terserah anda mau menyebutnya bagaimana. Apakah menggunakan kata “sumber, credit, from, source dan lain-lain” tidak masalah, karena yang penting adalah jika anda menyalin tulisan/image dari media lain etikanya harus menyebutkan sumber asli. Semoga Bermanfaat dan mohon dikoreksi jika ada kesalahan dalam tulisan ini.

Sadur dari blog lama di kompasiana

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: