Posted by: achvan | May 23, 2013

Pentingnya USO Untuk Pemerataan Informasi ke Pedesaan

Dok. Pribadi : Informasi Keberadaan Desa Dering

Dok. Pribadi : Informasi Keberadaan Desa Dering

Saya pernah membaca sebuah tulisan yang mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki Informasi adalah orang-orang yang memiliki kekuatan, saya sepakat dengan pernyataan ini. Bagi penggemar film-film Intelijen semacam Mission Impossible atau James Bond, mungkin sudah menyaksikan bagaimana hebatnya perjuangan para agen mendapatkan atau mencuri informasi. Mereka melakukan cara apapun untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Apakah untuk tujuan baik atau buruk, Informasi adalah hal yang sangat penting dan sangat berharga. Siapa saja yang tidak mendapatkan informasi, maka ia akan tertinggal. Dan melihat zaman kita saat ini, ini adalah Era Informasi. Semua orang berhak mendapatkan informasi, untuk itu informasi harus disebarkan secara merata keseluruh lapisan masyarakat di manapun mereka berada.

Indonesia adalah Negara besar yang luas. Mencakup 34 provinsi dengan 17,508 pulau yang membentang dari Sabang sampai Marauke. Suatu tantangan yang besar bagi pemerintah Indonesia untuk bisa menciptakan pemerataan informasi ke lebih dari 238 Juta penduduknya. Bukan hal mudah untuk membangun akses informasi yang merata diseluruh wilayah Indonesia, apalagi di pelosok desa atau dipulau-pulau terpencil. Tapi ini harus dilakukan, jika Indonesia ingin menjadi Negara maju. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring pada media, bahwa Negara ini harus membangun sistem teknologi informasi yang canggih jika ingin menjadi Negara maju dan modern, yang diprediksi bisa terwujud pada tahun 2045.

Salah satu program Pemerintah yang saat ini gencar dilakukan untuk mewujudkan Pemerataan Informasi dan Komunikasi keseluruh pelosok Negeri melalui Program KPU USO. Seperti yang dikutip dari beberapa sumber dari situs pnbp.net, USO (Universal Service Obligation) atau lebih dikenal sebagai Kewajiban Pelayanan Universal adalah bentuk kewajiban pemerintah untuk menjamin ketersediaan pelayanan publik bagi setiap warga negara, khususnya pelayanan telekomunikasi dan informatika. Kewajiban tersebut berupa penyelenggaraan pelayanan komunikasi dan informatika untuk umum. Baik pada area yang belum terjangkau layanan jaringan telekomunikasi maupun pada kelompok masyarakat yang masih memerlukan peran pemerintah dalam penyediaan layanan komunikasi dan informatika.

Dok. Pribadi : Perangkat VSAT USO Desa Dering

Dok. Pribadi : Perangkat VSAT USO Desa Dering

Program USO di Indonesia meliputi beberapa jenis layanan diantaranya adalah Desa Dering, Desa Pintar, Pusat Internet Kecamatan, Mobil Layanan Internet Kecamatan, Penyiaran Radio Komunitas di daerah Perbatasan dan daerah Terpencil, Penyediaan sarana dan prasarana ICT di wilayah Blank Spot, Transmigrasi, Pesisir Pantai & lain-lain, Sistem Informasi Manajemen dan Monitoring Layanan Internet Kecamatan, dan terakhir akses Internet. Kesemua jenis layanan ini diharapkan mampu untuk menciptakan akses informasi dan komunikasi yang merata. Selain itu, Pemerintah mencanangkan Program KPU-USO ini bisa menciptakan perekonomian yang lebih maju untuk peningkatan taraf hidup masyarakat. Dengan sistem Telekomunikasi yang luas dan tanpa batas, jalur distribusi dan perdagangan diharapkan lebih terbuka sehingga masyarakat pedesaan utamanya dipelosok dan dipulau-pulau terpencil bisa melakukan transaksi perdagangan dan perekonomian yang lebih baik.

Penulis sendiri memiliki beberapa pengalaman tentang program KPU-USO, khususnya layanan Desa Dering untuk dikawasan Timur Indonesia. Masyarakat sangat merespon positif adanya Program USO, apalagi di desa-desa yang belum terjangkau sinyal seluler. Pernah dilakukan kunjungan ke Desa Marayoka diwilayah Kab. Jeneponto. Warga Desa sangat berterima kasih berkat adanya Telpon umum di Desa mereka yang menyebabkan kasus pencurian hewan ternak berkurang. Karena dulunya di desa tersebut sering terjadi pencurian hewan ternak dan warga tidak bisa berbuat banyak karena kesulitan memberi informasi yang cepat ke pihak kepolisian saat terjadi pencurian. Beruntung desa tersebut mendapat bantuan Desa Dering sehingga mereka bisa lebih cepat memberi laporan jika terjadi kejadian serupa. Di beberapa daerah lain, seperti di Desa Ere Cinnong, Kec. Bontocani Kabupaten Bone, warga desa begitu antusias untuk antri dikantor desa mendapat giliran menelpon karena telpon umum USO adalah satu-satunya sarana komunikasi didesa tersebut yang bisa digunakan.

Dok Pribadi : Warga Sedang Mencoba Telpon USO

Dok Pribadi : Warga Sedang Mencoba Telpon USO

Penulis juga pernah berkunjung ke Desa Rim di Pulau Biak, Papua. Kepala Desa setempat sangat berterima kasih dengan adanya Desa Dering karena selain membuka akses komunikasi bagi warganya, Telpon USO juga sangat membantu mengurangi angka kekerasan dan perkelahian didesa tersebut, karena laporan bisa cepat disampaikan ke pihak kepolisian jika sewaktu-waktu terjadi kasus kekerasan. Di beberapa desa lainnya, banyak Kades yang meminta untuk segera dipasangkan perangkat Desa Pintar, agar warga utamanya para pelajar dan guru-guru bisa menikmati fasilitas internet. Dan masih banyak pengalaman-pengalaman lainnya.

Seperti program-program pemerintah lainnya, Program KPU USO juga tidak lepas dari berbagai masalah seputar pelayanan yang belum maksimal seperti terbatas dan belum meratanya jumlah akses, kapasitas, jangkauan dan kualitas infrastruktur, begitupun sosialisasi yang masih kurang meluas keseluruh lapisan masyarakat, maka dengan itu Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KEMKOMINFO) dan Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) menyelenggarakan acara ICT USO EXPO 2013 yang dilaksanakan di Makassar dengan tujuan untuk meningkatkan keperdulian seluruh pemangku kepentingan terhadap pembangunan telekomunikasi dan informatika perdesaan baik dari pihak Pemerintah sebagai koordinator dan regulator, para penyelenggara operator sebagai eksekutor dan masyarakat luas pada umumnya. Semoga dengan adanya ICT USO EXPO 2013 ini dapat meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Pelayanan KPU-USO untuk peningkatan Produktifitas Nasional dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: