Distro

Ini dia, Top 10 Distro Linux berdasarkan situs www.distrowatch.com untuk Tahun 2010-2011. Disitus tersebut disebukan 11 Distro (yang terakhir adalah FreeBSD, namun untuk di halaman ini cukup disebutkan Top 10 Distro. Pendefenisian beberapa nama distro, disadur dari beberapa sumber. Adapun Screenshotnya diambil dari situs distrowatch.com

1. Ubuntu (ubuntu.com)


Ubuntu

Ubuntu 10.10

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. (id.wikipedia.org)

2. Fedora (fedoraproject.org)

Fedora

Fedora 14

Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, terkadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7. (id.wikipedia.org)

3. Opensuse (opensuse.org)

openSUSE

openSUSE 11.3

OpenSUSE adalah distro Linux versi komunitas yang didukung dan disponsori oleh Novell. OpenSUSE merupakan distro Linux open source dan gratis yang menjadi dasar pengembangan bagi distro Linux komersil yang disediakan oleh Novell, SUSE Linux Enterprise Server (SLES) dan SUSE Linux Enterprise Desktop (SLED).  Salah satu keunggulan utama dari OpenSUSE dibandingkan distro Linux lainnya adalah kelengkapan pustaka dan berlimpahnya software yang disertakan. Bersama Red Hat, SUSE adalah distro Linux versi awal yang terus bertahan dan berkembang hingga sekarang. (wiki.klas.or.id)

4. Debian GNU/Linux (debian.org)

Debian GNU/Linux

Debian GNU/Linux 5.0

Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian termasuk salah satu sistem operasi Linux yang bebas untuk dipergunakan dengan menggunakan lisensi GNU. Debian adalah ‘kernel independen’, yaitu sistem operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada. Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdoch, seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993, Nama Debian berasal dari kombinasi nama mantan-kekasihnya Debra dan namanya Ian. (id.wikipedia.org)

5. Mandriva (mandriva.com)

Mandriva Linux

Mandriva Linux 2010.1

Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft). Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.  Nama Mandriva ini diambil dari gabungan nama Mandrakesoft dan Connectiva. Sebagaimana dilansir oleh InfoLINUX, pada 30 Maret 2005 Mandrakesoft telah membeli seluruh saham Connectiva dan menggabungkan kedua perusahaan tersebut. Mandrakesoft yang berbasis di Prancis ini mengakuisisi Connectiva yang berbasis di Brazil ini untuk melebarkan sayapnya di Amerika Latin. Mandrakesoft pun mengumumkan nama perusahaan menjadi Mandriva, dan bahwa Mandriva Linux akan menjadi nama baru bagi produk-produknya (id.wikipedia.org, asakuratorvald.multiply.com)

6. Linux Mint (linuxmint.com)

Linux Mint

Linux Mint 10

Linux Mint adalah distribusi Linux  LiveDistro yang menggunakan  Ubuntu Linux sebagai basis pengembangannya. Tujuan utama keberadaan Mint adalah untuk menyediakan sebuah distribusi yang up-to-date, nyaman dan elegan diantara distribusi  GNU/Linux yang ada. Salah satu keunggulan  Linux Mint adalah kemudahan penggunaanya. Semua codecs proprietary sudah disertakan dalam Linux Mint. Kita tidak perlu lagi melakukan download paket aplikasi untuk memutar file MP3, melihat video dalam bentuk Flash, Menonton film dengan MPlayer atau memainkan games dan menjalankan aplikasi Java. Keunggulan ini, meski menjadi kontroversi dari sisi lisensi, berguna bagi para pengguna Linux yang baru saja migrasi dari Windows atau Mac. (gudanglinux.info, vavai.com)

7. PCLinuxOS (pclinuxos.com)

PCLinuxOS

PCLinuxOS 2010.10

PCLinuxOS adalah distro linux LiveCD yang merupakan turunan dari Mandriva. Walaupun serupa dalam “tampilan dan nuansa” dengan Mandriva Linux, PCLinuxOS telah menyimpang secara signifikan. Kode-kodenya secara resmi diambil dari Mandrake 9.2 lalu dikembangkan dalam proyek independen pada tahun 2003. Setelah tiga tahun dikembangkan berdampingan, para pengembang mengambil keunggulan dalam pengembangan lebih lanjut dari Mandriva (nama baru Mandrake), dan dikembangkan tersendiri lagi di akhir 2006 untuk PCLinuxOS 2007 (id.wikipedia.org)

8. Slackware Linux (slackware.com)

Slackware Linux

Slackware Linux 13.1

Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Slackware merupakan salah satu distro Linux awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix. Slackware ditujukan untuk orang yang menikmati belajar dan meningkatkan sistem mereka untuk melakukan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Stabilitas dan kesederhanaan Slackware adalah alasan kenapa orang akan tetap menggunakannya di masa depan. Slackware saat ini menikmati reputasinya sebagai sebuah server yang solid dan workstation yang masuk akal. Anda bisa menemukan desktop Slackware menjalankan sembarang window manager ataupun lingkungan desktop, atau tidak sama sekali. (id.wikipedia.org, slackware.linux.or.id)

9. Gentoo Linux (gentoo.org)

Gentoo Linux

Gentoo Linux 10.1

Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah dilakukan penambahan paket), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna. Paket-paketnya dibangun dari kode sumber (source), walaupun untuk kenyamanan, sebagian besar paket perangkat lunak juga tersedia dalam bentuk binari.  Nama proyek pengembangan dan produknya diambil dari jenis penguin bernama Gentoo. (id.wikipedia.org)

10. CentOS (centos.org)

CentOS

CentOS 5.4

CentOS adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Proyek ini berusaha untuk 100% binari kompatibel dengan produk hulunya (RHEL). Arsip perangkat lunak tambahan menyediakan versi terbaru paket-paketnya, berbasis paket RPM. CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat). CentOS ditargetkan untuk siapa saja yang membutuhkan stabilitas ‘enterprise class operating system stability’ tanpa biaya lisensi dan subscription (layanan dukungan) bila tidak dibutuhkan sertifikasi maupun dukungan dari Red Hat (id.wikipedia.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: